amirxploit

Uthie cake merupakan usaha atau bisnis yang bergerak di bidang kuliner, khususnya kue dan jajanan pasar. Uthie cake didirikan pada tahun 2018 oleh Rahmiyati Z. Noer. Owner terinspirasi untuk mendirikan uthie cake karena memiliki hobi dan keterampilan dalam memasak. Owner juga melihat ada beberapa masalah yang sekiranya harus diselesaikan, di antaranya: harga kue yang murah sulit ditemukan, kue yang dijual murah dan diiringi dengan rasa kue yang enak sulit ditemukan, jarang ada cemilan kue yang memuat gizi yang sehat. Dari ketiga masalah tersebut, uthie cake hadir menawarkan solusi dengan menciptakan produk kue dengan harga yang terjangkau dan rasa yang enak serta tidak mengurangi perhatian terhadap komposisi kue yang sehat.

Pada awalnya, uthie cake hanyalah sebuah usaha tanpa brand yang dimulai dengan menitipkan produk-produk kuenya pada warung sekitar rumah owner. Setelah 6 bulan berjalan, ternyata uthie cake mendapatkan respon yang sangat positif dari pasar dan mulai memiliki konsumen yang luas. Pada tahun kedua berdirinya uthie cake, barulah muncul brand dengan nama uthie cake yang diambil dari nama anak kedua owner yaitu muthi. Dengan mengangkat tagline “Pas Harganya, Pas Rasanya’, uthie cake telah memiliki banyak konsumen selama 4 tahun berdiri sampai hari ini, dengan loyalitas konsumen mencapai 95%, yang artinya tingkat reorder konsumen uthie cake sangat tinggi. Berikut adalah beberapa foto produk dari uthie cake.

Analisis Pestel pada umkm uthie cake yang pertama pada aspek politik, banyak faktor politik yang mempengaruhi operasi bisnis pada umkm, khususnya pada toko kue uthie cake. aspek politik ini meliputi perubahan dan kebijakan pajak pada umkm yang ada sehingga pada perubahan paja tentu mempengaruhi biaya produksi pada uthie cake sehingga berbanding lurus dengan kenaikan harga jual, selain itu regulasi regulasi dan perizinan turut mempengaruhi operasi pada toko uthie cake. Yang kedua pada analisis ekonomi di toko uthie cake, ekonomi masyarakat turut mempengaruhi penjualan pada uthie cake, contohnya perubahan permintaan konsumen dan preferensi masyarakat, lalu pada inflasi juga mempengaruhi bahan baku serta biaya produksi yang mana turut mempengaruhi harga jual, selain mempengaruhi biaya operasional, siklus ekonomi ini juga mempengaruhi daya beli masyarakat terhadap toko kue uthie cake

Aspek yang ketiga yaitu aspek sosial, Terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi aspek sosial ini, diantaranya tingkat pendidikan masyarakat, tingkat pertumbuhan penduduk, kondisi lingkungan sosial, kondisi lingkungan kerja, keselamatan dan kesejahteraan sosial. Dilihat dari lingkungan sosial, banyak masyarakat yang berlomba-lomba untuk mencari pekerjaan. Usaha Uthie Cake merupakan sebuah bisnis UKM yang bergerak dibidang kuliner. Hal ini sangat membantu dalam penyerapan para tenaga kerja yang membutuhkan lapangan pekerjaan dan membuka lapangan pekerjaan baru di lingkungan masyarakat sekitar tempat bisnis Uthie Cake ini dikembangkan. dengan adanya lapangan pekerja ini dapat mengurangi angka pengangguran serta membantu menopang ekonomi dan kebutuhan hidup masyarakat setempat.

Selanjutnya aspek yang keempat yaitu aspek teknologi, kemajuan teknologi yang semakin pesat dapat membuat semua pekerjaan di segala bidang menjadi lebih mudah. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya inovasi teknologi baru yang telah dikembangkan. Pada masa saat ini, kebutuhan akan teknologi sangatlah penting, karena mempermudah hidup manusia dari berbagai segi. Saat ini teknologi yang sangat berpengaruh bagi masyarakat adalah internet. Hampir semua orang dalam melakukan aktivitasnya menggunakan internet. Pengaruh media sosial di internet pun semakin besar karena banyak orang yang menggunakan internet. Hal tersebut dapat dijadikan peluang bagi para pengusaha untuk meningkatkan brand awareness dan mempromosikan produknya kepada masyarakat. Begitupula dengan Uthie Cake yang menggunakan media sosial berupa instagram, facebook dan TikTok untuk memberikan informasi seputar produknya. Aspek kelima yaitu aspek lingkungan mencakup semua pengaruh yang dipicu oleh lingkungan sekitar, seperti: iklim, cuaca, kondisi geografis, pergantian iklim global, kerusakan lingkungan, dan lain-lain. Uthie Cake perlu memperhatikan aspek lingkungan seperti memperhatikan pembuangan limbah dari produk Uthie Cake sehingga produksi dan citra dari produk Uthie Cake tidak rusak disebabkan oleh permasalahan lingkungan. Selanjutnya adalah ketersediaan bahan pangan lokal. Dalam proses produksi, Uthie Cake masih menggunakan bahan-bahan pangan lokal, sehingga mereka juga ikut turut serta dalam membangun ekonomi dan menciptakan lingkungan yang baik dalam usaha. Aspek terakhir adalah aspek hukum. Indonesia sangat ketat dengan peraturan keamanan pangan terutama kehalalan makanan dan minuman yang dipasarkan di negara ini. Hal ini tidak luput dari perhatian Uthie Cake, sebagai usaha yang bergerak di bidang kuliner, Uthie Cake telah memenuhi persyaratan aman pangan dan tentunya halal. Uthie Cake telah memiliki legalitas P-IRT dan sertifikat halal.

Penulis

Muthiara Kurnia Rahman, Ainul Wafi Elyunusiah, Wahyunil Khairi

Sumber :

0 Komentar

Berikan pendapat anda kepada kami

You May Also Like