Upaya Pemerintah Dalam Melaksanakan Pemberdayaan UMKM

Pemerintah Indonesia telah lama berupaya untuk memberdayakan sektor UMKM sebagai penggerak perekonomian Indonesia. Terutama sejak krisis ekonomi melanda, sektor UMKM mampu menahan goncangan dan menjadi pilihan utama masyarakat dalam menghasilkan penghasilan. Sejarah mencatat bahwa pemerintah telah meluncurkan berbagai program untuk mengembangkan UMKM, seperti Program KUK, KIK, dan program orang tua asuh di masa Orde Baru. Namun, evaluasi atas pelaksanaan program tersebut menunjukkan bahwa masih banyak kekurangan dan belum memberikan dampak signifikan bagi pengembangan UMKM.

Tidak menyerah dengan kegagalan sebelumnya, pemerintah terus mengupayakan pengembangan UMKM dengan serius. BJ Habibie bahkan pernah mengeluarkan dana sampai 20 triliun atau senilai dengan 10% untuk dana APBD dalam upaya pengembangan UMKM.

4 Upaya Pemerintah Dalam Melaksanakan Pemberdayaan UMKM

Dengan upaya yang terus dilakukan oleh pemerintah, diharapkan sektor UMKM dapat terus berkembang dan berkontribusi signifikan dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa depan, antara lain melalui:

1. Program PNPM Mandiri Perdesaan

Upaya pemerintah dalam memberdayakan UMKM melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM Mandiri Perdesaan), sebuah program yang menjadi salah satu mekanisme unggulan pemberdayaan masyarakat. PNPM Mandiri Perdesaan adalah program pemberdayaan bagi masyarakat yang bertujuan untuk mempercepat dalam pemerataan pendapatan, menanggulangi kemiskinan, serta memperluas kesempatan kerja di wilayah pedesaan.

Program ini dijalankan oleh pemerintah Indonesia dengan dukungan dari berbagai lembaga, seperti Bank Dunia, dan telah diimplementasikan di berbagai wilayah di Indonesia. Melalui PNPM Mandiri Perdesaan, pemerintah memberikan akses dan dukungan kepada masyarakat desa untuk mengembangkan potensi ekonomi lokal, termasuk di sektor UMKM.

Program ini menawarkan pelatihan, pendampingan, dan bantuan modal bagi UMKM di pedesaan, sehingga masyarakat desa dapat memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam mengelola usaha dan meningkatkan kualitas produk mereka.

2. Sosialisasi Reksadana

Pemerintah terus berupaya untuk memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam menghadapi krisis ekonomi. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan meningkatkan inklusi dan literasi keuangan digital. Hal ini menjadi kunci penting bagi UMKM agar bisa semakin berkontribusi dalam penguatan ekonomi nasional dan ketahanan perekonomian di kawasan ASEAN.

Menurut Friderica dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), peningkatan kapasitas dan produktivitas UMKM harus dilakukan melalui berbagai workshop, seperti peningkatan pemasaran dan kapasitas untuk mengoptimalkan alat digital. Dengan demikian, UMKM bisa naik ke level berikutnya dan meningkatkan skala usaha. Adapun OJK memastikan bahwa peningkatan inklusi keuangan digital harus disertai dengan peningkatan literasi keuangan digital dan perlindungan bagi konsumen.

3. Pembagian Sertifikat Tanah

Pemerintah Indonesia telah mengambil langkah berani untuk mendorong pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di negara ini dengan meluncurkan program pemberdayaan melalui pembagian sertifikat tanah. Program ini bertujuan untuk memberikan perlindungan hukum kepada UMKM dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

Dalam upaya untuk mencapai tujuan tersebut, pemerintah telah mengadakan serangkaian acara penyerahan sertifikat hak atas tanah bagi UMKM di seluruh Indonesia. Salah satunya di Kantor Bupati Muaro Jambi, Bukit Cinto Kenang, Bukit Baling. Rabu (04/01/2023). Kegiatan ini disambut positif oleh para pelaku UMKM, karena memberi mereka akses yang lebih baik ke sumber daya dan modal yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis mereka.

Tidak hanya itu, program ini juga membantu para pelaku UMKM mengatasi masalah kepemilikan tanah yang selama ini menjadi hambatan dalam pengembangan bisnis mereka. Dengan memiliki sertifikat tanah yang sah, UMKM dapat memperoleh akses lebih mudah ke layanan perbankan dan sumber pendanaan lainnya, serta memperluas akses ke pasar yang lebih luas.

4. Program Keluarga Berencana

Pemerintah Indonesia terus berupaya untuk memperkuat sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui berbagai program pemberdayaan. Salah satu program yang saat ini sedang gencar adalah program Keluarga Berencana, yang bertujuan untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk serta sekaligus membentuk keluarga yang berkualitas.

Program KB ini tidak hanya memberikan manfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan keluarga, tetapi juga memberikan dampak positif bagi UMKM. Dalam hal ini, program KB dapat membantu mendorong pertumbuhan UMKM melalui beberapa cara, seperti pengurangan tingkat kemiskinan, peningkatan akses ke sumber daya dan perluasan pasar.

Dalam upaya untuk mencapai tujuan tersebut, pemerintah telah mengadakan berbagai kegiatan sosialisasi dan kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya program KB. Hal ini penting karena program ini akan lebih efektif jika didukung oleh partisipasi aktif masyarakat.

Peluang UMKM di Era Digital

Berikut ini terdapat beberapa peluang UMKM di Era Digital, antara lain:

1. Akses pasar yang lebih luas

Dengan adanya teknologi digital saat ini, UMKM dapat dengan mudah menjual produknya ke pasar yang lebih luas, bahkan sampai ke luar negeri.

2. Memperkuat branding

Melalui media sosial dan situs internet, UMKM bisa membangun dan memperkuat merek mereka. Hal ini tentunya dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dan membedakan produk mereka dari para pesaing.

3. Efisiensi biaya

UMKM bisa mengurangi biaya produksi, pemasaran, dan distribusi dengan memanfaatkan teknologi digital saat ini. Misalnya, mereka bisa menggunakan platform e-commerce untuk menjual produk mereka daripada harus membuka toko secara fisik, yang biasanya memerlukan biaya sewa dan utilitas.

4. Kemudahan akses ke modal

UMKM bisa memanfaatkan platform crowdfunding atau fintech untuk mendapatkan modal tanpa harus menghadapi proses perbankan yang biasanya rumit.

Peran UMKM dalam Pertumbuhan Perekonomian Indonesia

Presiden Indonesia telah memberikan arahan untuk mengembangkan UMKM Naik Kelas dan Modernisasi Koperasi sebagai upaya untuk membangun ekonomi kerakyatan. UMKM memiliki peran yang sangat besar dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia, dengan jumlah mencapai 99% dari keseluruhan unit usaha.

Tercatat bahwa sektor ini memberikan kontribusi besar terhadap Pertumbuhan Domestik Bruto (PDB) Indonesia, yakni mencapai 60,5%. Tak hanya itu, sektor ini juga menjadi andalan dalam menyerap tenaga kerja, dimana hingga saat ini sektor tersebut telah menyerap 96,9% dari total penyerapan tenaga kerja nasional.

Pemerintah Indonesia telah menerapkan kebijakan strategis, seperti Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), implementasi UU Cipta Kerja, dan program Bangga Buatan Indonesia (BBI) untuk memperkuat peran UMKM dalam perekonomian nasional. Program PEN mencakup dukungan bagi UMKM, seperti pembiayaan KUR, Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), subsidi bunga/margin non-KUR, penempatan dana/penempatan uang negara, penjaminan kredit UMKM, pembiayaan investasi kepada koperasi dari LPDB KUMKM memberikan akses mudah pembiayaan modal usaha.

Kedua, PPh UMKM ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah. Ketiga, program BTPKLWN memberikan bantuan tunai untuk para pedagang kaki lima, warung, dan nelayan. Pemerintah juga menyadari bahwa banyak UMKM yang mengalami hambatan dalam memperoleh akses permodalan dari perbankan maupun lembaga keuangan bukan bank.

Dalam mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), pemerintah telah menghadirkan beragam fasilitas pembiayaan yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM. Selain LPDB KUMKM, terdapat juga program-program seperti PKBL, Mekaar PNM, Bank Wakaf Mikro, Pembiayaan Ultra Mikro (UMi), dan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Skema pembiayaan ini bisa Anda akses oleh UMKM sesuai kelasnya seiring dengan berkembangnya tingkat bisnis mereka.

Sumber :

[1] https://brainly.co.id/tugas/40281450 [2] https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/3624/dukungan-program-pemerintah-dalam-pemberdayaan-umkm-untuk-memperkuat-stabilitas-ekonomi-daerah [3] https://pemda.muarojambikab.go.id/berita/detail/penyerahan-sertifikat-hak-atas-tanah-bagi-usaha-mikro-kecil-dan-menengah-umkm [4] https://dppkbpppa.pontianak.go.id/informasi/berita/program-keluarga-berencana-kb-merupakan-salah-satu-upaya-pemerintah-untuk-mengendalikan-laju-pertumbuhan-penduduk-serta-membentuk-keluarga-yang-berkualitas#:~:text=FAQs-,Program%20Keluarga%20Berencana%20(KB)%20merupakan%20salah%20satu%20upaya%20pemerintah%20untuk,serta%20membentuk%20keluarga%20yang%20berkualitas.&text=Informasi-,Program%20Keluarga%20Berencana%20(KB)%20merupakan%20salah%20satu%20upaya%20pemerint…

0 Komentar

Berikan pendapat anda kepada kami

You May Also Like