Siomay Murah dan Lezat Bang Ahmad

Dunia kuliner adalah salah satu arena di mana berbagai budaya bertemu, saling berpadu, dan menghasilkan keunikan yang menggugah selera. Salah satu contoh nyata dari fenomena ini adalah perbedaan yang mencolok antara dua budaya dalam dunia Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang sama, yaitu bisnis siomay. Meskipun siomay mungkin tampak seperti hidangan sederhana, di dalamnya terdapat cerita budaya yang mendalam, mempengaruhi bagaimana hidangan ini disiapkan, diolah, dan disajikan dalam dua budaya yang berbeda. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi perbedaan antara dua budaya terkait UMKM siomay yang membawa kelezatan kepada lidah dunia.

Siomay merupakan makanan khas Indonesia yang digandrungi banyak orang dan sudah menyebar hingga ke mancanegara. Jenis siomay yang ada di Indonesia bermacam-macam. Kali ini kita akan membahas salah satu jenis siomay yang sering kita jumpai di berbagai pasar kuliner dan warung pinggir jalan, yaitu siomay bandung. Sesuai dengan namanya Siomay Bandung merupakan salah satu makanan yang berasal dari kota bandung,Jawa Barat. Siomay Bandung berasal dari ikan tenggiri yang digiling, Ikan tenggiri adalah bahan utama dalam Siomay Bandung. Ikan ini memberikan rasa gurih dan lembut pada adonan Siomay.Salah satu bahan lain nya yaitu tahu,tahu adalah komponen penting lainnya dalam hidangan ini. Tahu memberikan tekstur yang berbeda dan tambahan nutrisi. Adonan dibentuk menjadi bulatan kecil dan ditempatkan di atas daun kubis. Ini adalah ciri khas Siomay Bandung, di mana daun kubis digunakan sebagai alas dan pembungkus.

Siomay bandung sering kita jumpai di berbagai tempat, baik di kios, gerobak dorong,becak, maupun di restoran mewah yang menyajikannya. Siomay juga banyak kita temukan di berbagai tempat di kota dan desa terpencil. Makanan khas ini banyak ditemui di kota Bandung, tapi sekarang Siomay Bandung hampir dapat di temui di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya adalah kota padang. Bertepatan di sebrang BRI SENDIK, samping Klinik Ani dan lokasinya tidak terlalu jauh dari Universitas Andalas. Sebuah usaha kuliner yang dijalankan oleh bang Mad. Bang Mad sudah mulai berjualan siomay Bantung di Sumatera Barat kurang lebih 5 tahun.Bang mad awalnya berjualan siomay Bandung di Padang Pariaman lebih tepatnya di sebelah SMAN 1 Lubuk Alung selama 2 tahun dan akhirnya memutuskan untuk pindah berjualan di Kota Padang.

Bang Mad memilih membangun usaha ini karena memiliki peluang yang cukup besar di padang dan lokasinya sangat starategis sehingga banyak konsumen yang datang untuk membeli. Berbicara mengenai ancaman yang ia hadapai dalam usahanya bang Mad menuturkan “Ancaman yang saya hadapi dalam usaha ini adalah bahan baku pembuatan Siomay dan harga bahan baku yang cenderung tidak selalu stabil” Ucap bang Mad. Untuk membuat Siomay Bandung yang lezat memerlukan bahan yang berkualitas. Jika bahan baku siomay Bandung yaitu ikan Tenggiri sulit didapatkan, maka kualitas siomay Khas Bandung akan hilang.

Bang Mad sering mangkal didaerah yang sering dilalui oleh para mahasiswa dan masyarakat sekitar, hal ini menjadikan lokasi usaha siomay Bandung bang mad ini sangat strategis hal ini bisa menjadi peluang bagi bang Mad untuk mempromosikan dan menjual siomay Bandung nya serta lokasi siomay tersebut dekat dengan kost-kosan sehingga bagi anak kost kosan yang ingin makan siomay bisa menjadi salah satu tempat yang perlu diperhatikan pada saat lapar. Jajanan kaki lima yang populer di Sumatera Barat juga dapat mempengaruhi penjualan siomay. Masyarakat di Sumatera Barat biasanya suka menikmati makanannya di pinggir jalan atau di warung. Hal ini bisa menjadi peluang bagi para penjual siomay untuk mendirikan gerobak atau lapak di tempat-tempat ramai seperti pasar tradisional atau acara budaya setempat untuk menarik pelanggan dan mempromosikan produknya.

Disamping peluang tempat yang strategis Siomay Bandung memiliki kelemahan di atara lain ,siomay Bandung sudah banyak dijual di berbagai tempat, baik di Bandung maupun di luar Bandung. Persaingan yang tinggi ini dapat membuat sulit bagi usaha siomay untuk menarik konsumen. Siomay Bandung membutuhkan bahan baku segar, seperti ikan dan sayuran. Ketergantungan ini dapat menjadi kendala jika pasokan bahan baku terganggu, seperti musim yang buruk atau kelangkaan pasokan.bang mad juga memilliki kelemahan pada inovasi dalam teknologi yang seperti pada jaman modern ini,bang mad belum bisa menyediakan pembayaran cardles atau melalui QRIS yang notabaned pembeli dari siomay bandung bang mad ini adalah mahasiswa yang sudah banyak menggunakan dompet digital.siomay bandung bang mad juga tidak menyediakan untuk pembelian online seperti grab food,gojek,dan shoppe food.

Penulis

M Zaki Fatihurrahman, Syafri Ismail, Adytira Ridho Firmansyah

Sumber :

0 Komentar

Berikan pendapat anda kepada kami

You May Also Like