Sentuhan Digital Bisnis (Teknologi Informasi) pada UKM Pemasaran Produk Adi Upakara

Sentuhan dari digital bisnis sudah marak dilakukan yang mana pada masa sekarang sudah banyak UKM yang menggunakannya untuk mempromosikannya dan meningkatkan penjualan. Pada masa sekarang digital bisnis sangatlah penting guna meningkatkan banyak sektor mulai dari sektor mikro dan juga makro. Dan tidak hanya itu, kerarifan local pun juga ikut dilestarikan untuk menjaga kearifan local untuk tetap eksis dan terjaga dengan begitu diperlukannya sentuhan digital agar UKM yang bersifat local tidak termarginalkan .

Dimana pelaksanaan upacara dalam agama hindu tidak terlepas dari upakara atau banten. Dimana bebantenan di bali memiliki ciri khas yang unik dan juga beraneka ragam. Yang mana di bebantenan itu mengandung budaya seni dan adat , yang berciri Desa-Kala-Patra serta Nista–madya-Utama daerah setempat. Yang mana bentuk Banten di beberapa daerah ada yang sama dan ada yabg berbeda. Hal tersebut menyesuaikan dengan budaya yang ada di daerah setempat dan tingkat kesenian yang ada pada daerah yang bersangkutan akan tetapi ,maksud dan makna dari banten tersebut tetaplah sama. Yang mana menurut wijayanandha (2003), Upakara-upakara-yadnya mempunyai tujuan yang satu yaitu menghaturkan bhakti suci dengan perwujudan berupa sarana. Sedangkan upakara/banten adalah perwujudan/tapakan dari hyang widhi. Pada banten di bali pembuatannyamemakai bahan yang melambangkan dewa – dewa tertentu, misalnya seperti kelapa Dewa Brahma, air wujud Dewa wisnu dan lain-lain

Di Banjar Pondok Kelod, Desa Gadungan Kecamatan Selemadeg Timur terdapat kelompok Usaha Kecil Menengah (UKM) yang bergerak di bidang pembuatan banten. Mitra dalam kegitan ini adalah ibu Ni Wayan Renten sebagai pemiliki usaha. Sebelum menekuni usaha ini mitra adalah seorang petani. Selain sebagai petani, mitra juga memiliki keahlian membuat banten yang kemudian di jual. Keahlian ini dijadikan modal utama untuk membuat usaha bersama anggota. Usaha yang dijalani sejak tahun 2010 hanya menggunakan sistem pre order (membuat bila ada pesanan). Produksi banten dilakukan oleh mitra tersebut masih musiman, dalam arti masih dipengaruhi oleh hari baik dalam menentukan upacara keagamaan serta hari raya Agama Hindu yang telah disesuaikan dengan kalender Bali. Jadi jika dalam beberapa bulan jumlah hari raya di Bali tidak terlalu banyak, maka produksi banten menurun bahkan tidak melakukan produksi. Permasalah utama yang di alami mitra berdasarkan hasil wawancara yaitu proses pemasaran produk usaha ini masih sangat tradisional dimana dari sisi pemasaran produk, saat ini masih sebatas di lingkungan desa dan proses penjualan masih berdasarkan informasi teman ke teman (mulut ke mulut) dan mitra belum tahu cara mencari pelanggan di luar desa ataupun di sosial media. Dampak yang terjadi adalah permintaan akan produk banten tidak bertambah. pemasaran secara online belum pernah dilakukan.

Dengan metode pemasaran online dapat memperluas pangsa pasar. Ibu Ni Wayan Renten juga mengakui bahwa beliau ingin melakukan promosi secara online, namun karena keterbatasan pengetahuan tentang internet, media sosial, dan website metode tersebut belum dilakukan. Sehingga berdasarkan permasalahan tersebut penulis melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan Digital Bisnis dengan sentuhan teknologi informasi bagi mitra usaha Adi Upakara yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan terkait pemasaran produk secara online melalui internet, sosial media, website, serta tata cara penggunaannya.

Berdasarkan hasil dari Sentuhan Digital Bisnis teknologi informasi yaitu:

1. praktek pengambilan gambar dengan kamera. 2. Dasar-dasar penyusunan kalimat promosi 3. Pengenalan internet dan Digital Bisnis. 4. Praktek pembuatan e-mail. 5. Dasar-dasar Sistem Informasi 6. Cara upload Produk ke sistem Website. 7. Bagaimana menangani order yang masuk pada sistem Website 8. Bagaimana mengetahui laporan penjualan dari sistem Website 9. Mampu menggunakan media sosial untuk promosi. 10. Praktek menggunakan Facebook 11. Praktek menggunakan Instagram

telah berjalan dengan baik dan menghasilkan luaran berupa Akun Sosial media (Facebook dan Instagram) serta memperkenalkan website mitra UKM yang dapat membantu mitra dalam memasarkan produk mitra secara online.

Penulis

Admin Andalasia

Sumber :

0 Komentar

Berikan pendapat anda kepada kami

You May Also Like