STRATEGI PEMASARAN KELOMPOK TANI TUNAS JAYA MELALUI SISTEM PEMASARAN TERINTEGRASI
- Posted on 2023-11-20
- UMKM
- By Agriqisthi
Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh suatu bisnis baik itu dibidang barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya.Hal tersebut disebabkan karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan di mana secara langsung berhubungan dengan konsumen. Dalam pemasaran diperlukan strategi pemasaran.
Strategi pemasaran adalah upaya memasarkan suatu produk, baik itu barang atau jasa, dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi.Strategi pemasaran juga dapat diartikan sebagai rangkaian upaya yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka mencapai tujuan tertentu, karena potensi untuk menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal tersebut. Strategi Pemasaran punya peranan penting dalam sebuah bisnis karena berfungsi untuk menentukan nilai ekonomi suatu bisnis , baik itu harga barang maupun jasa. Strategi pemasaran adalah rencana yang menjabarkan ekspektasi dari suatu bisnis akan dampak dari berbagai aktivitas atau program pemasaran terhadap permintaan produk atau lini produknya di pasar sasaran tertentu. Suatu bisnis bisa menggunakan dua atau lebih program pemasaran secara bersamaan, sebab setiap jenis program seperti periklanan, promosi penjualan, personal selling, layanan pelanggan, atau pengembangan produk memiliki pengaruh yang berbeda-beda terhadap permintaan. Oleh sebab itu, dibutuhkan mekanisme yang dapat mengkoordinasikan program-program pemasaran agar program-program itu sejalan dan terintegrasi dengan sinergistik.
Rangkaian kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen-dosen dari Universitas Andalas (Agriqisthi, Luthfil, Eri Besra, Weriantoni, Sari Suziana, Rahzarni, Eva Yulia dan Rasidah Nasrah) yang melibatkan mahasiswa, mengarahkan pada kegiatan Kelompok Tani Tunas Jaya yang sedang dalam proses perampungan produk dalam pembuatan pupuk kompos dari kotoran kambing. Kelompok Tani Tunas Jaya merupakan kelompok tani baru memulai usahanya dalam pembuatan produk pupuk kompos dari kotoran kambing. Aktivitas dari kelompok tani ini adalah membuat pupuk kompos yang berkualitas dan bernilai jual tinggi. Untuk itu dilaksanakanlah kegiatan ini untuk mengetahui bagaimana nanti proses pemasaran dari produk yang sudah jadi dan apa saja yang diperlukan.
Pada saat pemasaran ini sangat penting untuk mempersiapkan strategi pemasaran yang terintegrasi. Pada pemasaran terdapat beberapa aspek yaitu, produk, promosi, harga, saluran distribusi dan manajemen logistik. Produk adalah barang dan jasa yang dihasilakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang terdiri dari merk dan kemasan.Promosi adalah cara menginformasikan produk kepada konsumen. Ada beberapa cara promosi seperti melalui iklan, sales, social media, berita dari mulut ke mulut, dll. Harga, penting untuk menetapkan harga jual produk. Distribusi adalah kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dari produsen ke pembeli sesuai kebutuhan.
Kegiatan PKM oleh Dosen Unand dilakukan pada bulan Oktober 2023, dimana rangkaian kegiatan dilakukan berlandaskan permasalahan dan kebutuhan Pokdarwis, Masyarakat, dan UMKM Simarasok dalam mengembangkan wisata minat khusunsya. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan antara lain menjelaskan apa itu pemasaran, aspek pemasaran, jenis pemasaran, saluran distribusi serta bagaimana cara agar produk yang dijual dapat menarik minat konsumen. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan serta wawasan mengenai pemasaran. serta memaksimalkan aktivitas pemasaran untuk produk yang sudah selesei diolah yang nantinya akan dipasarkan. Kegiatan ini dilaksanakan di Dusun balai rupih, Nagari simalanggang, kec. Payakumbuh, Lima Puluh Kota dihadiri oleh perangkat dusun dan anggota Kelompok Tani Tunas Jaya. Lama pelaksanaan dilakukan dalam waktu satu hari yaitu pada tanggal 14 Oktober 2023.
Hasil dari kegiatan PKM ini adalah strategi pemasaran terintegrasi, didalam strategi pemasaran ini terdapat aspek pemasaran, jenis pemasaran, distribusi saluran distribusi dan juga pihak perantara, Selain itu kegiatan ini juga kesempatan untuk sharing serta tanya jawab yang bertujuan membantu menjawab permasalahan atau mencari solusi terbaik dari permasalahan tertentu mengenai pemasaran.
Penulis
Agriqisthi
0 Komentar