Pemberdayaan Masyarakat bersama Mahasiswa KKN melalui Kreasi Olahan Mochi Kelapa Bernilai Jual Tinggi di Cubadak Air

Pariaman - Ketahanan pangan merupakan suatu kondisi terpenuhinya kebutuhan pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan secara cukup, baik dari jumlah maupun mutunya, aman, merata, dan terjangkau. Program ketahanan pangan menjadi salah satu prioritas nasional dalam RPJMN 2020-2024.

Ketahanan pangan merupakan program kerja mahasiswa KKN Unand di Desa Cubadak Air, Kota Pariaman. Pemberdayaan masyarakat dengan membuat olahan mochi kelapa bertujuan untuk berbagi ilmu dan memanfaatkan potensi masyarakat. Kegiatan ini dilakukan pada Minggu, 3 September 2023 di Dusun Baruh Kubu yang dipandu oleh mahasiswa KKN Unand yaitu Khelsya dan teman-teman bersama masyarakat. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa berserta perangkat, kelompok tani dan masyarakat Cubadak Air.

Bahan yang diperlukan untuk adonan mochi meliputi 110 gram tepung ketan, 2 sdm gula, 150 ml susu full cream, 2 sdm minyak, 20 gram tepung maizena, 50 gram whipping cream bubuk, 2 buah daging kelapa muda, 1 sdm susu kental manis, 100 ml air es, 100 gram cocoa powder.

Olahan mochi kelapa disandingkan dengan saus cream kelapa, adapun cara pembuatannya yaitu masukkan 50 gram whipping cream bubuk ke dalam wadah lalu tambahkan 100 ml air es lalu aduk sebentar. Kemudian tambahkan 1sdm susu kental manis. Selanjutnya masukkan ke dalam blender dan tambahkan 1 buah daging kelapa muda lalu blender hingga rata dan halus semua bahan. Terakhir, tuangkan cream yang telah jadi ke dalam mangkuk.

Langkah pertama pembuatan mocha kelapa pertama, masukkan 110 gram tepung ketan ke dalam wadah. Kedua, tambahakan 2 sdm gula pasir lalu tuangkan 150 ml susu full cream lalu aduk hingga rata. Ketiga, tambahkan 2 sdm minyak goreng lalu aduk hingga rata. Keempat, kukus adonan sekitar 20-30 menit. Kelima, sangria 20 gram tepung maizena sekitar 10 menit. Keenam, setelah adonan matang, keluarkan dari kukusan lalu dinginkan sekitar 15 menit. Lalu uleni adonan dengan tepung maizena yang telah disangrai sebelumnya hingga rata. Ketujuh, bulatkan adonan sebesar bola bekel (untuk sekali gigit) lalu pipihkan da nisi adonan dengan cincangan halus 1 buah daging kelapa muda, dan bulatkan kembali adonan. Terakhir, gulingkan adonan ke cocoa powder lalu tiriskan. Mochi kelapa siap disantap bersama cream kelapa.

Tujuan lain dari kegiatan olahan mochi kelapa adalah memanfaatkan potensi desa untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Cubadak Air jika ingin membuat dan menjual sendiri sebagai tambahan pemasukan

Penulis

Yulmira Yanti dan Mahasiswa KKN Unand

Sumber :

0 Komentar

Berikan pendapat anda kepada kami

You May Also Like