Pemberdayaan Masyarakat Cubadak Air dengan Mahasiswa KKN dalam Kreasi Pembuatan Bola-Bola Ubi

Pariaman - Ketahanan pangan merupakan suatu kondisi terpenuhinya kebutuhan pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan secara cukup, baik dari jumlah maupun mutunya, aman, merata, dan terjangkau. Program ketahanan pangan menjadi salah satu prioritas nasional dalam RPJMN 2020-2024. Ubi jalar (Ipomoe batatas L.) termasuk ke dalam jenis tanaman palawijaya yang berfungsi sebagai pengganti bahan makanan pokok karena merupakan sumber karbohidrat. Selain itu, ubi jalar memiliki manfaat bagi tubuh karena mengandung protein, serat, gula, fosfor, magnesium, kalium hingga zat besi.

Ketahanan pangan merupakan program kerja mahasiswa KKN Unand di Desa Cubadak Air, Kota Pariaman. Pemberdayaan masyarakat dengan membuat olahan bola-bola ubi bertujuan untuk berbagi ilmu dan memanfaatkan potensi masyarakat. Kegiatan ini dilakukan pada Senin, 7 Agustus 2023 di Dusun Talang Saga yang dipandu oleh mahasiswa KKN Unand yaitu Anggun dari jurusan Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian bersama mahasiswa dan masyarakat. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa berserta perangkat, kelompok tani dan masyarakat Cubadak Air.

Bahan yang diperlukan dibutuhkan ialah ubi ungu 500 gram, cokelat batang 100 gram, 70 gram tepung tapioka, 30 gram tepung maizena, 100 gram gula halus, 1 sdt baking powder, sejumput garam dan secukupnya tepung tapioka untuk olesan.

Langkah pertama pembuatan bol-bola ubi yaitu rebus ubi ungu hingga lunak, sehingga mudah untuk dihaluskan dan dikupas kulitnya. Kedua, setelah direbus letakkan ubi ke dalam wadah untuk dihaluskan, bisa menggunakan tangan ataupun sendok. Ketiga, masukkan semua bahan lainnya seperti tepung tapioka, tepung maizena, gula halus, baking powder dan garam. Uleni adonan hingga kalis.

Keempat, bulatkan adonan sebesar bola bekel hingga adonan habis, kemudian untuk isian dengan coklat secukupnya. Kelima, goreng bola ubi dengan minyak panas. Goreng hingga bola ubi berubah warna menjadi lebih gelap. Keenam, tiriskan minyak bola ubi yang telah matang, kemudian letakkan di piring dan taburkan gula halus sebagai topping di atasnya.

Tujuan lain dari kegiatan olahan bola-bola ubi adalah, memanfaatkan potensi desa untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Cubadak Air jika ingin membuat dan menjual sendiri sebagai tambahan pemasukan.

Sumber :

0 Komentar

Berikan pendapat anda kepada kami

You May Also Like