PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PT SEMEN PADANG

Pada era perkembangan bisnis saat ini, perusahaan menengah maupun perusahaan besar tidak hanya memperhatikan efektifitas kinerja perusahaan dan keuntungan saja. Perusahaan-perusahaan juga dituntut untuk melihat tanggung jawab lingkungan sosial (Corporate Social Responsibility). Perusahaan menggunakan program CSR (Corporate Social Responsibility) untuk memenuhi tanggung jawab sosial kepada masyarakat. Perusahaan tidak hanya memiliki tanggung jawab ekonomis dan legal stockholders, tetapi perusahaan juga memiliki tanggung jawab terhadap stakeholders. Semuanya tidak terlepas dari kenyataan bahwa suatu perusahan tidak bisa hidup dan bertahan serta mendapatkan profit tanpa pertolongan dari semua pihak. Jadi CSR lebih mementingkan rasa peduli perusahaan terhadap keperluan berbagai pihak secara lebih luas bukan hanya ingin menyelamatkan kepentingan perusahaan itu sendiri.

Program Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep bahwa perusahaan memiliki dan mempunyai berbagai tanggung jawab termasuk kepada semua yang berkepentingan seperti konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan juga lingkungan dalam segala aspek operasional yang melingkupi aspek ekonomi, social dan lingkungan. Dalam penerapan CSR perusahaan bukan hanya memperoleh profit, tetapi juga secara sosial bagi keberlanjutan perusahaan serta mengantisipasi akan terjadinya konflik. Bentuk CSR tidak sekedar memberikan dalam bentuk finansial tetapi juga dalam bentuk pembangunan fasilitas masyarakat dan juga dalam bentuk bantuan peduli sosial yang mana akan membantu masyarakat.

Perusahaan yang berada di Indonesia mempunyai keragaman dalam penerapan program CSR-nya, seperti di kota Padang yaitu PT Semen Padang. Perusahaan ini merupakan perusahaan semen tertua yang berada di Indonesia berdiri sejak tahun 1910. Perusahaan ini terletak di daerah Lubuk Kilangan lebih tepatnya Indarung di kota Padang. Posisi pabrik tersebut mempunyai letak strategis karena dekat dengan sumber bahan baku dalam pembuatan semen. PT Semen Padang telah lama memulai program CSR, mereka menamakan program ini dengan “ Basinergi Mambangun Nagari “. Hal ini semakin memantapkan komitmen PT. Semen Padang dalam membantu masyarakat sekitar dan pemerintah. Perusahaan ini memiliki banyak bentuk program CSR, seperti : memberikan beasiswa kepada pelajar yang memiliki prestasi, membagikan bantuan sosial untuk anak yatim piatu, membuat pasar murah bagi warga miskin, memberi kemudahan UKM dalam mengembangkan bisnisnya, memberi pertolongan korban bencana alam dan lain-lain.

Program CSR yang diwujudkan oleh PT Semen Padang meliputi:

1. Program Kemitraan Merupakan program perusahaan dalam memberdayakan usaha kecil mikro dan koperasi (UKMK) dalam bentuk pemberian pinjaman dana bergulir, untuk perkuatan modal usaha, disertai kegiatan pendampingan dalam bentuk bantuan manajerial, proses produksi serta aktivitas promosi dan pemasaran. Yang terakhir salah satu bentuk inovasinya adalah mendirikan outlet atau gerai Gallery Balanjo di depan Mal Ramayana, Padang. Juga dikembangkan website www.gallerybal;anjo.com untuk mendukung promosi dan pemasaran produk Mitra Binaan secara online.

2. Program BPKL Dari tahun ke tahun diakui PT Semen Padang berusaha meningkatkan kinerja PKBL dan mengatasi permasalahan yang dihadapi dengan melakukan langkah-langkah, di antaranya meningkatkan kerjasama dengan pihak dan lembaga yang kompeten, melakukan pembinaan dalam bentuk cluster berdasarkan potensi sektor masing-masing wilayah, melakukan penguatan fungsi organisasi khususnya fungsi monitoring dan controlling, meningkatkan kerjasama dan koordinasi dengan pemerintah daerah, serta terus melakukan sinergi dengan Semen Indonesia Group, sehingga sasaran PKBL dapat tercapai secara efektif.

3. CSR Non PKBL Meliputi program peningkatan dan pemberdayaan masyarakat lingkungan dalam bentuk bantuan dan donasi.

Implementasi Program CSR pada. PT. Semen Padang belum sepenuhnya dapat terlaksana sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan-undangan yang berlaku. Kendala-kendala dalam implementasi CSR pada PT. Semen Padang yakni pada Program Kemitraan adalah kurang lancarnya pengembalian pinjaman dana bergulir oleh mitra binaan (UKM) dan kurangnya koordinasi antara BUMN Pembina. Sedangkan pada program Bina Lingkungan terdapat kurangnya pemerataan dalam pembinaan lingkungan karena keterbatasan dana sehingga tidak semua program Bina Lingkungan bisa dilaksanakan pada satu tahun anggaran. Perwujudan program-program CSR di perusahaan pada realitanya dihadapkan dengan berbagai persoalan diantaranya, anggaran yang masih terbatas, tidak meratanya pelaksanaan, tidak adanya penjadwalan dalam pelaksanaan, serta lemahnya sosialisasi dan komunikasi,menjadi sekumpulan permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan CSR di Indonesia umunya dan PT.Semen Padang khususnya. Praktek CSR menghadirkan perubahan positif jika dipandang sebagai sebuah investasi jangka panjang, karena dengan memaksimalkan pelaksanaan CSR yang berkelanjutan, perusahaan akan mendapat tempat di hati masyarakat dan memudahkannya dalam pelaksanaan operasional perusahaan, bahkan mampu mendorong optimalisasi pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. Key card kinerja CSR terletak pada komitmen perusahaan. Karena itu, harus ada stimulus dan dorongan agar perusahaan-perusahaan memiliki kesadaran yang besar untuk menjalankan kegiatan dan program CSR.

Penulis

Agriqisthi, Anissa Fadhilah, Tasya Fitria Herman, Umairah Yunika Pranita

Sumber :

Warits, Hasbul. 2021, Penerapan Media Promosi Berbasis CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) Pada PT Semen Padang,Padang. Hidayat, Y. & Alhadi Z. Upaya Yang Dilakukan Forum Nagari Dalam Mengatasi Kendala Efektifitas Program CSR PT. SEMEN PADANG. Visual Post: a Journal Of Policy, Governance, Development and Empowerment. Hawin, M. (2010). Implementasi corporate social responsibility pada PT. Semen Padang. Diakses Implementasi corporate social responsibility pada PT. Semen Padang (ugm.ac.id)

0 Komentar

Berikan pendapat anda kepada kami

You May Also Like