Mau Healing ala Solo Traveller? Lakukan Tips Berikut untuk Dapatkan Budget Murah!

Jakarta - Bagi Anda yang sedang mencari cara untuk healing sekaligus liburan, mungkin solo travelling bisa menjadi solusinya. Sementara budget solo travelling tidak murah, Anda bis menerapkan beberapa tips supaya lebih hemat.

Ada berbagai cara untuk menikmati liburan, mulai dari memancing, olahraga, nonton film, hingga travelling. Sementara banyak orang suka berwisata bersama keluarga, pasangan, hingga sahabat, tak sedikit pula yang memilih untuk melakukan solo travelling.

Menjadi pilihan beberapa orang, solo travelling memiliki banyak nilai positif. Selain bisa membuat Anda lebih mandiri, menjadi solo traveller terbilang anti-ribet dan tidak perlu memikirkan selera partner. Anda juga bebas memilih penginapan sesuai budget tanpa mempedulikan ego orang lain.

Nah, jika Anda termasuk orang yang masih baru ingin memulai berpetualang tanpa partner, pastikan untuk membuat jadwal dan rencana travel. Ini sangat penting, terkait dengan budget yang harus Anda sediakan. Jika Anda ingin berhemat atau hanya memiliki budget pas-pasan, coba untuk menerapkan tips berikut.

Pertama, Anda harus mengetahui destinasi wisata Anda. Jika Anda ingin yang murah, mungkin Anda bisa memilih spot rekreasi alam, seperti pergi ke pantai atau gunung. Namun, jika Anda lebih suka dengan sesuatu yang atraktif, mungkin taman bermain atau waterpark bisa menjadi pilihan. Ini karena ada banyak wahana permainan di sana.

Dengan menentukan destinasi wisata, Anda bisa menentukan transportasi, akomodasi, hingga perlengkapan traveling yang dibutuhkan. Meskipun bukan backpacker atau flashpacker, menjadi solo traveller sangat penting untuk memerhatikan detail seperti ini.

Setelah itu, pikirkan transportasi yang paling praktis karena Anda baru saja menjadi seorang solo traveller. Tidak semua tempat wisata bisa dijangkau dengan transportasi umum, sehingga Anda juga perlu memikirkan kemungkinan berjalan kaki ke tujuan Anda. Akan lebih praktis dan hemat lagi jika Anda membawa kendaraan sendiri.

Di sisi lain, Anda juga perlu memperhatikan jenis kendaraan yang digunakan. Tidak semua tempat wisata punya rute yang baik, bahkan beberapa di antaranya masih memiliki jalur yang menanjak serta jalan yang berbatu.

Tips berikutnya adalah memilih akomodasi yang sesuai. Dilansir dari dream.co.id, jika Anda adalah pelancong wanita, pilihlah penginapan yang sesuai dengan kenyamanan Anda. Selain itu, pilih penginapan dengan fasilitas keamanan baik dan tidak jauh dari tempat rekreasi tujuan.

"Untuk solo traveller wanita yang baru pertama kali bepergian, Anda bisa memilih hostel atau dormitory sebagai tempat menginap yang murah," tutur Sturzaker, solo traveller wanita yang sudah berpetualang ke 40 negara (8/10). "Dormitory atau Hostel akan mempermudah Anda bersosialisasi dengan tamu lainnya. Ini sangat menguntungkan, apalagi jika Anda ingin berpetualang di daerah tersebut sebelum pergi ke destinasi wisata pilihan.".

Bersosialisasi dengan tamu lain membuat Anda mengetahui banyak hal terkait tempat wisata dan daerah sekitar akomodasi. Anda bahkan bisa mengetahui bahwa di daerah tersebut ada hidden gem, seperti tempat kuliner dengan menu yang masih autentik atau tempat wisata yang belum diketahui banyak orang.

Tak hanya itu, kebanyakan solo traveller juga kerap menanyakan jalan pintas menuju tempat rekreasi tujuan. Ini sangat penting karena banyak tempat wisata yang harus ditempuh dalam waktu berjam-jam jika lewat rute biasa.

Selanjutnya, pikirkan makanan yang Anda butuhkan, apalagi jika Anda tidak suka membawa bekal. Ini sangat penting mengingat kondisi kesehatan dan selera orang berbeda. Mungkin, Anda akan dikejutkan dengan beragam makanan khas daerah setempat yang mungkin berbeda dengan selera Anda.

Supaya mendapatkan makanan yang lebih murah, mungkin Anda bisa pergi ke pasar tradisional sekitar atau ke warung sederhana terdekat. Nah, jika Anda termasuk orang yang suka tantangan, setidaknya Anda harus mencobanya. Pilihlah makanan yang sekiranya paling mendekati selera anda. Perhatikan juga kondisi perut Anda, terlbih jika Anda tidak bisa atau tidak suka dengan makanan yang terlalu pedas.

Sebagai solusi, Anda bisa membeli makanan instan jika memang tidak dapat mengonsumsi makanan di daerah tersebut. Terakhir, rinci semua biaya yang Anda perlukan. Ini termasuk biaya transportasi, makan, menyewa akomodasi, hingga keperluan berbelanja. Tambahkan juga dana darurat jika pengeluaran Anda membengkak sewaktu-waktu. Ini biasa terjadi, apalagi jika terjadi perubahan pada harga tiket masuk wisata, biaya parkir, dan lain-lain.

Sumber :

https://www.dream.co.id/travel/tips-solo-travel-dari-wanita-yang-sudah-keliling-40-negara-selama-20-tahun-32956-mvk.html https://lifestyle.bisnis.com/read/20231005/361/1701108/liburan-ala-solo-traveler-ini-tips-dapatkan-penginapan-murah https://meramuda.com/food-travel/traveler-flashpacker-atau-backpacker-termasuk-yang-manakah-anda/

0 Komentar

Berikan pendapat anda kepada kami

You May Also Like