Keterkaitan Tema Orasi Ilmiah Dies Natalis terhadap kemajuan dan pencapaian FEB serta kontribusi terhadap persiapan lulusan yang lebih produktif

Tema orasi ilmiah pada Dies Natalis FEB Unand ke-66 adalah ekonomi islam menuju Indonesia emas 2045. Islam memposisikan kegiatan ekonomi sebagai salah satu aspek penting untuk mendapatkan kemuliaan dan karenanya kegiatan ekonomi sebagaimana kegiatan lainnya perlu dituntun dan dikontrol agar berjalan seirama dengan ajaran islam secara keseluruhan.

Kegiatan ekonomi merupakan bagian dari muamalah dan harus didasarkan sesuai dengan akidah yang benar sehingga menghasilkan kegiatan ekonomi yang bermoral. Ekonomi islam mempelajari perilaku ekonomi individu-individu yang secara sadar dituntun oleh ajaran islam dalam Al-Quran dan Sunnah. Perkembangan ekonomi islam adalah suatu hal yang tak dapat dipisahkan dari visi untuk mencapai tahun emas 2045. Prinsip yang terkandung adalah keadilan , keberlanjutan, dan tanggung jawab. Hal ini yang membentuk dasar ekonomi yang berkelanjutan dan keseluruhan ekonomi isla menekankan pentingnya berbagi dan memberi seperti zakat dan infak. Dalam perjalanan menuju tahun 2045 perlu mempromosikan perkembangang sektor ekonomi yang fokus pada pemberdayaan ekonomi yang kurang mampu sehingga tercipta lingkungan yang inklusif dan empati. Perlu juga menjaga dan mencegah eksploitasi yang merugikan generasi mendatang. Ekonomi islam tidak hanya mengejar materi tetapi juga mendepankan nilai moral dan etika. Untuk mencapai tahun emas 2045 perlu komitmen membangun ekonomi yang adil dan berkelanjutan serta bermanfaat bagi semua orang. Namun perlu memastikan bahwa lulusan universitas memiliki pemahaman tentang prinsip ekonomi islm dan siap untuk menghadapi tantangan kedepannya. Pendidikan di universitas harus menciptakan lingkungan yang mahasiswa tidak hanya memahami prinsip ekonomi islam tetapi juga menerapkannya. Pendidikan itu mencakup pengajaran tentang prinsip keadilan, etika dalam bisnis, serta pentingnya berbagi kepada yang membutuhkan. Selain itu mahasiswa juga harus diberikan wawasan mekanisme keuangan islam. Universitas perlu menjadi pusat penelitian dalam pengembangan ekonimi islam. Perkembangan ekonomi islam dari dulu telah menunjukan nilai keadilan, etika, dan berkelanjutan sehingga itu bisa menjadi pondasi yang kuat untuk menciptakan lulusan dari universitas yang memiliki pemahaman nilai ekonomi islam.

https://smesta.kemenkopukm.go.id/bantuan-untuk-umkm-dari-pemerintah/

0 Komentar

Berikan pendapat anda kepada kami

You May Also Like