KONSEP KEWIRAUSAHAWAN YANG HARUS DIKETAHUI SEBELUM BERWIRAUUSAHA

Kewirausahaan atau entrepreneurship didefenisikan sebagai kemampuan dalam berkreasi dari hasil pemikiran yang kreatif dalam rangka mewujudkan inovasi untuk memanfaatkan peluang menuju kesuksesan. Proses pemikiran kreatif dan inovatif biasanya diawali dengan ide dan pemikiran dalam menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. Secara harfiah kewirausahaan adalah suatu sikap jiwa dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. Norman M. Scarborough dan Thomas W. Zimmerer (1993) dalam Soedrajat 2011 menyebutkan wirausaha adalah orang yang terampil memanfaatkan peluang dalam mengembangkan usahanya dengan tujuan meningkatkan kehidupannya.

Saat tercipta peluang bisnis seorang wirausaha akan mempertahankan jalan bisnisnya, mengembangkan jalan bisnisnya dan bahkan memperluas jaringan bisnisnya sesuai dengan tujuan utama dalam berwirausaha. Seorang wirausahawan memiliki figur yang sangat melekat yaitu tidak bergantung pada pihak yang tidak sejalan dengan usahanya, jujur, memiliki kegigihan, pantang menyerah, sikap diri yang terpuji, tanggung jawab tak terbatas, kesabaran dalam menghadapi tantangan, komitmen pada hasil pemikirannya, dan totalitas dalam mengurus bisnisnya.

1. Tujuan dan Manfaat kewirausahaan

1) Untuk memberikan peluang dan kebebasan untuk mengendalikan nasib sendiri

2) Untuk memberi peluang melakukan perubahan

3) Memberi peluang untuk mencapai diri sepenuhnya

4) Memberi peluang untuk meraih keuntungan se optimal mungkin

5) Memiliki peluang untuk berperan aktif dalam Masyarakat dan dapat pengakuan atas usahanya

6) Memiliki peluang untuk melakukan sesuatu yang disuka dan menumbuhkan rasa senang dalam mengerjakannya

2. Karakteristik Seorang Wirusaha

1) Memiliki Komitmen Tinggi, Seorang wirausaha yang sukses harus memiliki komitmen yang tinggi, dengan komitmen ini setiap perkataan atau tindakan yang dipertanggung jawabkan akan berpengaruh pada bisnis atau usaha dijalankan. 2) Disiplin , Sikap disiplin akan memperlihatkan bahwa seseorang berusaha keras dalam melakukan apapun terkait bisnis. Dalam hal ini yang dimaksud dengan disiplin ialah keteraturan dalam menjakankan usaha. 3) Percaya Diri, Seorang wirausaha harus yakin bisa membangun serta menjalankan bisnis. Kepercayaan diri juga menandakan jika seseorang siap menghadapi segala rintangan kedepannya. 4) Pantang Menyerah, Pada saat membuat usaha dari awal itu tentu aka nada tantangan dan kegagalan selama berjalannya usaha. 5) Memiliki Kreativitas Tanpa Batas, Dengan kreativitas yang dimiliki seorang wirausaha akan menciptakan ide usaha maupun produk yang tidak terbatas dengan produk ataupun suatu usaha serupa. 6) Jujur, Kejujuran akan menghadirkan rasa percaya, sehingga perjalanan didunia wirausaha akan menjadi lebih mudah, 7) Berani Mengambil Resiko, Berani mengambil resiko jika nantinya bisnis akan mengalami kerugian atau kegagalan, 8) Selalu Bekerja Keras, 9) Mampu Bekerja Sama Dengan Orang Lain, 10) Berorientasi Pada Masa Depan.

3. Objek Usaha

Objek usaha yang kami wawancarai adalah usaha Coffee Shop “Penkoffie” yang mana berlokasi di Jl.Dr.Moh.Hatta No.23 ( depan gerbang kampus UNAND) Limau Manis Pauh Padang. Coffee shop ini berdiri sejak 2021, Nama Penkoffie itu sendiri memiliki arti “Pen” yang merupakan singkatan “Pengen” dan “Koffie” berarti kopi. Jadi,nama bisnis ini terinspirasi dari keinginan konsumen untuk mengonsumsi kopi. Alasan Penkoffie itu didirikan adalah karena pemilik dari Penkoffie ini ingin memiliki usaha sendiri dan mengasah skill yang sudah dimiliki. Skill tersebut adalah kemampuan pemilik dalam membuat dan meracik kopi atau disebut Barista. Karena letak yang strategis yaitu terletak di dekat kampus sehingga banyak mahasiswa yang berkunjung dan lokasi tersebut merupakan halaman rumah milik pribadi yang dapat meminimalisir modal yang akan dikeluarkan. Usaha Coffee Shop “Penkoffie” ini merupakan usaha yang berbentuk perorangan karena didirikan oleh satu orang, yang mana pemiliknya sekaligus yang menjadi penjual dari coffe tersebut, ia juga mendirikan coffe shop ini di depan halaman rumahnya. Usaha coffee shop ini merupakan usaha yang bergerak dalam bidang minuman masa kini, yang mana banyak anak-anak muda yang suka akan coffee ingin berkunjung untuk menikmati coffee yang ada disitu. Selain itu harga yang sangat terjangkau membuat mahasiswa bisa berkunjung karena coffee yang dijual tidak terlalu mahal dan cocok di kantong para mahasiswa. Karakteristik dari pemilik “Penkoffie” adalah memiliki kreativitas tanpa batas yang mana dia meracik kopi-kopi baru sehingga orang tertarik untuk mencoba kopi yang ada disana. Selain itu dia juga memiliki karakteristik selalu bekerja keras, ia terus membuat ide-ide baru dalam bidang kopi yang membuat usaha mereka tidak ketinggalan dari coffee shop lainnya.

Pemilik dari “Penkoffie ini juga memiliki semangat wirasusahawan yaitu yang pertama, ia adalah orang yang bekerja keras selalu ingin mencoba hal-hal baru sehingga usahanya terus berkembang. Kedua, semangat yang dimilikinya adalah mengembangkan ide-ide mengenai kopi. Ketiga, ia memiliki jiwa yang optimis ia percaya bahwa usaha ini dalam berkembang lagi kedepannya. Kemudia yang terakhir ada dukungan dari belakang, pemilik “Penkoffie” ini mendapatkan semangat dari orang-orang terdekatnya sehingga ia bisa percaya diri dalam menjalankan bisnisnya Usaha “Penkoffie” ini memiliki strategi marketing yaitu low cost strategy dimana ia menjual dengan harga yang terjangkau tanpa mengurangi cita rasa kopi tersebut. Oleh karena itu, ia dapat bersaing dengan usaha-usaha lain. Pemilihan tempat yang strategis dimana yang sudah dikatakan diatas,membuat bisnis yang ia jalankan dapat laris dipasaran karena factor mahasiswa yang menjadi hal utama. Suasana yang diberikan dari “Penkoffie” ini terlihat klasik contohnya mereka masih menggunakan kayu-kayu untuk perlengkapan mereka seperti kursi yang terbuat dari kayu, yang mana dapat menambah kesan klasik pada coffee shop ini. Selain itu juga terkadang ada live acoustic di sana sehingaa menjadi daya tarik bagi mahasiswa yang suka duduk di coffee shop sambil mendengarkan music. Jadi dalam menjalankan sebuah usaha harus dilandaskan dengan karakteristik dan semangat dalam berwirausaha dengan hal tersebut maka kita dapat membuka usaha yang nantinya akan berjalan dengan baik dan sukses.

Penulis

Agriqisthi, Fidela Suhadi, Okta Sabeth, Rahwa Widya Putri

Sumber :

0 Komentar

Berikan pendapat anda kepada kami

You May Also Like