JMS 2023 Sebentar Lagi, Kawasaki Siapkan 5 Motor Barunya

Jakarta - Japan Mobility Show (JMS) akan diadakan pada 26 Oktober hingga 5 November 2023. Acara bergengsi ini dihadiri banyak brand otomotif ternama dan salah satunya Kawasaki yang sudah menyiapkan lima motor model world premiere terbarunya.

Sementara itu, sebagai bintang yang tak pernah turun dari tahtanya, Ninja menjadi motor yang sudah disiapkan Kawasaki untuk JMS 2023. Keluaran yang paling anyar dari Kawasaki aalah Ninja 7 Hybrid sekaligus motor listrik pertama Ninja e-1.

Sudah siap diperkenalkan di Jepang, Ninja 7 Hybrid dikenal sebagai motor hybrid pertama di dunia yang dilengkapi mesin dua silinder 451 cc. Selain itu, motor ini dibekali pendingin cairan, mesin listrik, dan baterai berkapasitas besar. Kawasaki Ninja 7 Hybrid juga dilengkapi dengan unit tenaga yang mengintegrasikan mesin dan motor, serta mekanisme transmisi 6 percepatan. Hal ini bisa memberikan pengalaman baru dengan mengoperasikan motor menggunakan tombol.

Mode berkendara Sport-Hybrid pada motor ninja ini mengeluarkan potensi penuh dari mesin dan motor. Sementara itu, dua unit daya mode Eco-Hybrid membuat transisi dari EV ke HEV menjadi lebih mulus dan mampu mencapai efisiensi bahan bakar tinggi. Ini juga yang menyebabkan motor tidak berisik dan memiliki getaran rendah. Pada mode EV tanpa emisi, motor akan berkecepatan rendah dan cocok dioperasikan dalam jarak berkendara pendek sesuai kebutuhan.

Sementara itu, Ninja e-1 termasuk motor model sport EV yang menggabungkan motor listrik kompak dengan respons kuat dalam rentang kecepatan rendah. Rangka motor ini cukup ringan untuk mencapai performa akselerasi luar biasa dan gesit. Sudah dibekali dengan fitur dan perlengkapan baru dan unik pada sepeda listrik seperti eboost, Kawasaki Ninja e-1 memiliki daya optimal dalam pemakaiannya. Tenaga pada motor akan dikeluarkan secara singkat dengan mode laju yang mendorong manuver kendaraan, dan dilengkapi kotak penyimpanan pada tangki.

Untuk dayanya sendiri menggunakan baterai lithium-ion yang dapat dibongkar pasang dan diisi ulang menggunakan listrik rumah atau tangki pengisi baterai. Untuk jangkauan baterai sendiri maksimal 72 km per pengisian daya. Dikutip dari Response, Kawasaki juga akan memamerkan kendaraan roda empat off-road Teryx KRX4. Ada juga merek Bimota Tage H2 Carbon dan KB4 yang rencananya akan diperjualbelikan setelah pameran selesai.

Termasuk kendaraan yang futuristik, off-road Teryx KRX4 dilengkapi meteran digital multi-fungsi dengan layar LCD TFT penuh warna bermutu tinggi yang menawarkan tiga mode tampilan yang dapat dipilih (Digital, Analog, Sederhana). Driver dapat menyesuaikan kecerahan layar secara otomatis agar sesuai dengan cahaya yang dibutuhkan.

Terdapat pula speedometer, takometer, pengukur bahan bakar, indikator gigi (L, H, N, R), mode berkendara (2WD/4WD/4WD+Diff Lock), mode daya (Penuh/Rendah), mode suspensi, jam, suhu CVT, tachometer digital, dan odometer. Untuk mendukung kecanggihannya, ada juga meter perjalanan ganda, total waktu, waktu perjalanan, kecepatan rata-rata, indikator netral, indikator mundur, indikator lampu jauh, lampu peringatan baterai, dan lampu peringatan EPS. Bimota Tage H2 Carbon secara penampilan tidak berbeda jauh dengan versi Tage H2 biasa. Perbedaannya hanya terdapat pada warna bodi. Untuk spesifikasinya seperti rangka sasis, swing arm depan dan belakang, serta suspensi berbahan material alumunium billernya sama.

Untuk jenis motor lama yang dibawa Kawasaki di acara JMS, yakni Kawasaki 250 Meguro SG yang diklaim Young Machine tidak akan didasarkan pada mesin lama, melainkan mesin silinder tunggal berpendingin udara. Desainnya berbasiskan mesin yang dipakai KLX230 sehingga dapat memenuhi regulasi emisi Euro terbaru.

Selain itu, menurut GOOTO, Kawasaki akan membawa Ninja GPZ900R, ZXR400R di pameran JMS. Dilansir dari Kompas, di Motor Sports Area yang menjadi tempat berkumpulnya motor balap, akan hadir pemenang Suzuka 8 Hours 2019 Kawasaki Racing Team Suzuka 8H Ninja ZX-10, dan motor Kawasaki yang menjadi juara Dunia Superbike selama 6 tahun berturut-turut. Tak ketinggalan, ada juga motor yang menjuarai kelas 450SX pada AMA Supercross Championship 2020, yakni Monster Energy Kawasaki KX450 di JMS. Lalu, produk yang sudah disiapkan, yakni mobil off-road Mule PRO-FX 1000 juga hadir di area Emergency & Mobility. Ini merupakan tempat berkumpulnya perangkat mobilitas yang tanggap bencana dan keadaan darurat lainnya.

Sumber :

https://www.manggarainews.com/sains/pr-7836051909/disebut-sebut-kawasaki-meguro-akan-hadir-versi-250-cc-pakai-basis-mesin-klx-230 https://www.motorplus-online.com/read/252566408/motor-baru-bimota-tesi-h2-carbon-siap-meluncur-harganya-bikin-merinding?page=2 https://www.kawasaki.com/en-us/side-x-side/teryx/teryx-4-passenger-sport/teryx-krx4-1000/2023-teryx-krx4-1000-es-special-edition https://www.gooto.com/read/1783195/pertama-di-dunia-kawasaki-ninja-7-hybrid-tampil-di-japan-mobility-show-2023

0 Komentar

Berikan pendapat anda kepada kami

You May Also Like