INOVASI PEMBAHARUAN UMKM ERA DIGITAL PADA PEPAYA MADU IBUK NEL

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia berkembang dengan sangat pesat. Berbagai jenis UMKM dilakukan oleh para pebisnis kecil baik perorangan maupun satu badan usaha mikro.

Buah-buahan merupakan salah satu kebutuhan pokok para mahluk hidup di dunia apalagi di negara kita Indonesia, dengan adanya buah kebutuhan empat sehat lima sempurna dapat terpenuhi dengan sempurna, buah-buhan sendiri memiliki banyak manfaat untuk manusia contoh meningkatkan metabolisme tubuh, sumber vitamin, menjaga sistem pencernaan dalam tubuh agar tetap sehat dan masih banyak lagi. Maka dari itu minat konsumsi buah di Indonesia sangat besar. Karena Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki berbagai macam aneka buah-buahan salah satunya adalah buah pepaya. Dengan banyaknya varian buah-buahan dan minat pembeli buah di Indonesia yang sangat tinggi membuat potensi penjualan bisnis UMKM buah-buahan sangat berpotensi tinggi bagi para UMKM. Salah satu UMKM yang menjalankan bisnis menjual buah adalah Ibuk Nel yang menjadi pelopor buah pepaya madu dalam skala besar yang bisa menjual secara grosir maupun eceran.

Untuk segi lokasi, masih belum banyak orang-orang yang mengetahui keberadaan tempat berjualan pepaya madu Ibuk Nel, tata letak barang serta pembayaran yang dilakukan di tempat penjualan buah pepaya madu Ibuk Nel masih menggunakan cara tradisional yaitu secara tunai dan tata letak barang yang seadanya. Untuk itulah dibutuhkan sebuah inovasi untuk meningkatkan pembaharuan pada UMKM pepaya madu buk Nel.

Perkembangan zaman membawa perubahan yang begitu pesat terhadap kemajuan ekonomi, sehingga aspek ekonomi juga turut berkembang dan semakin komplit. Pebisnis harus bisa mengidentifikasi keadaan lapangan, oleh karena itu pelaku UMKM berusaha untuk melakukan kegiatan promosi, merupakan salah satu cara yang harus dilakukan dalam menjalankan bisnis agar bisnis bisa berjalan dengan baik dan tepat. Dengan adanya kegiatan promosi maka akan meningkatkan brand awareness serta meningkatkan perkembangan dari perusahaan bisnis tersebut.

PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING

Saat ini, banyak pelaku UMKM yang telah memanfaatkan teknologi termasuk melalui Digital Marketing. Keunggulan dari Digital Marketing dapat dirasakan mulai dari mudahnya pembuatan iklan bertarget, pengukuran performa serta dalam penghematan budget memasarkan produk dan jasa. Digital Marketing memudahkan pelaku UMKM dalam melakukan pemasaran secara online dan hal ini tentu saja berakibat kepada penghematan anggaran dalam pemasaran produk dan jasa.

Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan Buk Nel selaku pemilik UMKM Buah Pepaya Buk Nel pada hari rabu 6 september 2023, Buk Nel berencana berinovasi dalam segi pemasaran produk dengan memanfaatkan Digital Marketing yaitu melalui media sosial. Media sosial yang akan di manfaatkan yaitu Instagram, Tiktok, Facebook dan Whatsapp. Alasan memilih aplikasi tersebut karena tingginya minat penggunaan media sosial dikalangan masyarakat. Dengan adanya pemanfaatan Digital Marketing, Buk Nel selaku pelaku UMKM Buah Pepaya Pasar Raya Padang mengharapkan dapat memacu tingginya minat masyarakat dan transaksi jual beli terhadap buah pepaya yang dijualnya melalui promosi yang akan dilakukan melaui media sosial.

TATA LETAK (LAYOUT)

Tata letak merupakan salah satu aspek penting penunjang kelancaran operasional sebuah bisnis, bahkan bisa berdampak terhadap pendapatan bisnis tersebut. Dari penataan tata letak (layout) pepaya madu buk el terlihat rak atau meja yang masih tidak tersusun rapi. Untuk itu, perlu di inovasi penataan yang lebih baik, seperti menggunakan rak buah agar buah pepaya tersebut tersusun rapi dan menarik minat pembeli. Tata letak memegang peranan penting dalam memberikan keuntungan karena dapat meningkatkan kepuasan dan kenyamanan pelanggan dalam berbelanja. Tujuan dari tata letak (layout) pada usaha adalah untuk menarik konsumen datang dan membeli barang secara berkelanjutan.

PENGGUNAAN QRIS DALAM TRANSAKSI JUAL BELI

Perkembangan teknologi kini semakin merambah ke banyak bidang. Tidak hanya berjualan saja yang kini bisa melalui digital. Namun, metode pembayarannya juga bisa secara digital. Banyak orang menyebutnya transaksi digital atau cashless. Mungkin beberapa dari kita akan mengatakan bahwa penggunaan ATM adalah salah satu inovasi pembayaran paling mudah dan praktis, namun semakin berjalannya waktu, semua sudah sangat berkembang. Alat pembayaran berkembang sangat pesat dan maju. Dompet digital atau biasa disebut dengan istilah e-wallet, saat ini menjadi alat pembayaran utama bagi usaha kecil dan menengah (UMKM). Kehadiran e-wallet seperti QRIS, dinilai menjadi pendorong utama diterimanya transaksi cashless sebagai alternatif pembayaran di Indonesia.

Manfaat QRIS bagi Pedagang UMKM

1. Proses Transaksi Lebih Cepat & Mudah Kehadiran QRIS mendatangkan banyak manfaat, salah satu manfaat utamanya yaitu proses transaksi menjadi lebih cepat dan mudah. Ini dikarenakan pelanggan tidak perlu lagi repot membawa uang tunai serta menghitungnya sebelum transaksi. Begitupun sebaliknya, pedagang tidak perlu menyediakan uang tunai sebagai kembalian dari transaksi pembeli. Dengan QRIS, transaksi menjadi cashless sehingga tidak perlu lagi uang tunai. Proses transaksi pun kini menjadi lebih cepat dan mudah.

2. Mencegah Peredaran Uang Palsu Manfaat lain dari QRIS yaitu mengurangi risiko peredaran uang palsu. QRIS meruapakan metode cashless yang artinya tidak membutuhkan uang fisik dalam proses transaksi. Dengan demikian, kemungkinan mendapatkan yang palsu bagi pedagang menjadi semakin kecil.

3. Metode Pembayaran yang Variatif Dengan QRIS, akan merasa lebih nyaman saat melakukan pembayaran. Hanya dengan scan QRIS, pelanggan dapat melakukan pembayaran dari banyak bank maupun uang digital.

4. Mencatat Transaksi secara Otomatis Semua transaksi dengan QRIS akan tercatat secara otomatis. Dengan begitu, proses pencatatan keuangan usaha akan menjadi lebih mudah. Riwayat transaksi QRIS dapat diakses secara real-time serta proses settlement pun cepat. Adanya QRIS dapat membantu usaha menjadi lebih efisien serta terpantau dari sisi keuangan.

5. Keuangan Lebih Aman Menggunakan QRIS berarti seluruh transaksi dilakukan secara digital sehingga tidak lagi membutuhkan uang fisik. Hal ini dapat membuat keuangan aman dan tidak menarik perhatian orang yang ingin mengambil uang usaha bisnis. Pencuri umumnya tertarik pada usaha yang memiliki uang fisik berlimpah, sehingga lebih mudah untuk diambil. Namun, dengan transaksi QRIS, risiko pencurian uang fisik pada usahamu akan semakin rendah.

KEUNGGULANSPA NDUK SEBAGAIMEDIA PROMOSI

Unsur nama merupakan unsur yang paling penting dalam papan nama. Toko dan pedagang kaki lima adalah pelaku bisnis yang paling dominan di kawasan pasar tradisional. Diantara pedagang kaki lima dan toko, terdapat perbedaan yang cukup kontras. Perbedaan dari segi ruang, pedagang kaki lima menempati trotoar yang berfungsi sebagai trotoar sekaligus emperan toko, sedangkan toko menempati bangunan permanen yang dikhususkan untuk mendisplay barang yang dimiliki oleh toko tersebut. Namun masih ada perbedaan yang khas diantara toko dan pedagang kaki lima yaitu keberadaan papan nama. Papan nama adalah salah satu sarana untuk meluncurkan fungsi usaha yang didalamnya berisi informasi yang berhubungan dengan toko. Konten papan nama terdiri atas Paduan dari unsur visual dan unsur teks (bahasa). Unsur visual dalam papan nama toko berbentuk gambar, atau teks akan menarik minat pembeli untuk berbelanja.

Penulis

Agriqisthi, AULIA SASHI KIRANA, DELLA FITRIANI ZULKARNAIN, MONICA OKTA FIOLA, SUCI NOHARA, SYANIA SALSABILA PUTRI

Sumber :

0 Komentar

Berikan pendapat anda kepada kami

You May Also Like