Hadir di Japan Mobility Show, Suzuki Burgman 400 Ditaksir Rp200 Juta

Jakarta - Perhelatan Japan Mobility Show (JMS) 2023 akan segera hadir di pertengahan Oktober hingga awal November mendatang. Dinantikan para petrolhead, Suzuki turut meramaikan event ini dengan menghadirkan Suzuki Burgman 400 yang ditaksir senilai Rp200 juta jika dijual di Indonesia.

Mirip scooter ala James Bond tanpa senjata, Suzuki Burgman 400 punya bodi bongsor yang memukau. Tak perlu waktu lama, kabar hadirnya scooter mewah ini sudah menarik perhatian para pencinta otomotif dari seluruh dunia, termasuk Tanah Air. Dilansir dari website resminya, Suzuki Burgman 400 dilengkapi dengan berbagai fitur canggih untuk mendukung performanya. Ini membuat scooter mampu bersaing dengan Yamaha XMAX dan BMW C 400 GT.

Melalui siaran resmi Suzuki Global, prototipe Burgman dibekali mesin berteknologi 1-silinder DOHC 400 cc liquid-cooled, serta sistem pembakaran fuel injection sehingga performa yang diberikan sangat besar. Ini memungkinkan scooter responsif dan cukup bertenaga untuk membawa dua pengendara melewati berbagai kondisi jalanan. Dipadukan dengan mesin Menjalankan strategi multi-pathway, Burgman diberi tambahan tangki hidrogen bertekanan 70MPa. Ini membuat kendaraan memiliki ketercapaian target karbon netral dan membuat jarak sumbu rodanya tambah mulur dari versi biasanya. Dengan kopling sentrifugal otomatis dan CVT otomatis, berkendara keliling kota menggunakan motor ini terasa tidak melelahkan. Apalagi jika kendaraan sudah dibekali aplikasi throttle twist-and-go yang sederhana.

Melihat bodi yang cukup besar di kelasnya, tentu menjadi salah satu primadona tersendiri bagi para petrolhead. Jarak sumbu rodanya saja 62,2 inci dengan roda depan berukuran 15 inci. Roda depan yang besar membantu skutik ini menjaga kestabilan saat dipacu untuk menyalip kendaraan lain. Bobot trotoar yang diklaim seberat 481 pon mungkin terdengar agak lebay untuk kelas skutik, tetapi itu tidak membuat scooter ini susah berkendara di tanjakan karena bobotnya masih standar skuter lama. Dengan bobot yang tak tanggung-tanggung, Burgman dilengkapi rem dua cakram ABS dengan control traksi standar, yakni cakram depan 260mm dan satu cakram belakang 210mm. Kepraktisannya tidak terbatas pada tenaga two-up dan transmisi otomatis penuh. Burgman juga dapat menampung sejumlah besar kargo. Ruang penyimpanan bercahaya seluas 42 liter di bawah jok dapat menampung dua helm. Ada pula tambahan 2,8 liter dan 3,5 liter di dua kompartemen depan yang menyediakan banyak ruang untuk menyimpan barang-barang pribadi Anda. Kompartemen depan yang lebih besar dilengkapi stopkontak DC untuk mengisi daya perangkat elektronik saat bepergian. “Saya menemukan banyak hal yang menarik dari Suzuki Burgman 400,” kata seorang reviewer motor Perry Capell. “Salah satu fitur bagusnya adalah tempat duduk yang tidak terlalu tinggi dan cocok untuk wanita. Ini adalah solusi masalah pengendara perempuan yang rata-rata memiliki kaki lebih pendek dibandingkan pria, sehingga tidak dapat menemukan sepeda motor yang memungkinkan mereka meletakkan kaki rata di tanah saat berhenti.”

Di sisi lain, kemewahan Suzuki Burgman 400 tidak dapat dipisahkan dari kenyamanan yang luar biasa. Oleh karena itu, skutik ini memiliki bantalan setebal 3,1 inci pada jok berundak dengan sandaran yang dapat disesuaikan dan dapat disetel setengah inci hingga satu inci penuh ke depan atau ke belakang menggunakan tuas. Pengendara juga terlindung dari angin karena kaca depan yang besar dan menghadap ke atas. Sementara itu, untuk penumpang disediakan kursi yang luas, dengan pijakan kaki yang dapat dilipat dan pegangan yang ergonomis. Tahun 2022, Burgman menerima revisi camshaft, sistem pengapian teknologi dual-spark baru dengan tombol starter, kontrol traksi, sistem Anti-lock Brake System (ABS) yang lebih kompak, dan warna baru. Sementara itu, tahun 2023, Suzuki telah menyarungkan Metallic Matte Sword Silver dan menggantinya dengan Solid Iron Grey. Perubahan pada Suzuki Burgman 400 ini juga salah satu alasan mengapa banyak orang yang antusias dengan kehadirannya di Japan Mobility Show (JMS). Kabarnya, skutik ini akan mengikuti tanggal perhelatan JMS mulai 25 Oktober hingga 5 November 2023 di Tokyo Big Sight. Untuk Suzuki Burgman 400 yang baru dan original dibanderol $8.599 atau sekitar Rp134 jutaan di pasar internasional. Kabarnya, ini bisa lebih mahal jika sudah masuk pasar Indonesia, bahkan ditaksir mencapai Rp200 juta.

Sumber :

https://suzukicycles.com/scooter/2023/burgman-400 https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/05/134100215/suzuki-pamerkan-burgman-hidrogen-di-japan-mobility-show-2023 https://sumeks.disway.id/read/682389/siap-siap-terpesona-suzuki-burgman-400-akan-menggebrak-pasar-otomotif-tanah-air https://womenridersnow.com/motorcycle-review-suzuki-burgman-400/ https://www.google.com/search?q=kurs+dollar&oq=kurs+dol&gs_lcrp=EgZjaHJvbWUqDQgAEAAYgwEYsQMYgAQyDQgAEAAYgwEYsQMYgAQyCggBEAAYsQMYgAQyBggCEEUYOTIKCAMQABixAxiABDIHCAQQABiABDIHCAUQABiABDIPCAYQABgKGIMBGLEDGIoFMgcIBxAAGIAEMgcICBAAGIAEMgcICRAAGIAE0gEIMzEyN2oxajeoAgCwAgA&sourceid=chrome&ie=UTF-8 https://sumeks.disway.id/read/680046/suzuki-burgman-400-scooter-matic-body-bongsor-ala-james-bond

0 Komentar

Berikan pendapat anda kepada kami

You May Also Like