Bersama Unilever Indonesia, PNM Tingkatkan Kesehatan Perempuan

Jakarta - Menggandeng Unilever Indonesia, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) membentuk program Bu Karsa. Tujuan program ini adalah meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan perempuan.

Produk kolaborasi antara PNM dan Unilever Indonesia yang diberi nama Ibu Sehat Keluarga Sejahtera (Bu Karsa) sudah diinisiasi dari tahun 2021. Melalui program tersebut, para wanita Indonesia mendapatkan edukasi seputar pola hidup bersih dan sehat. Memasuki tahun ketiga, Bu Karsa dilaksanakan serentak di 12 kota/kabupaten pada enam provinsi di Tanah Air. Salah satu kota yang menjadi tuan rumah Bu Karsa tahun 2023 ini adalah Makassar. Diadakan pada 8 September, banyak perempuan antusias mengikuti kegiatan Bu Karsa di Taman Pakui Sayang. Rata-rata pesertanya adalah nasabah binaan PNM.

Program ini disusun secara spesifik melalui serangkaian program edukasi, sosialisasi, dan pemberdayaan yang sudah diselenggarakan di Kab. Sukabumi, Kab. Bandung, Kab. Cianjur, Kab. Garut, Kab. Ciamis, Kab. Siak, Kab. Kebumen, Kab. Klaten, Kab. Semarang, Kab. Sampang, Kab.Pamekasan, dan Kab. Ngawi. Program Ibu Sehat Keluarga Sejahtera atau BU KARSA ini rencananya juga akan diperluas ke beberapa daerah di Tanah Air lainnya.

Dilansir dari website resmi PNM, kegiatan ini merupakan bentuk modal intelektual kepada nasabah binaan PNM. Ada tiga modal utama yang diberikan kepada nasabah PNM selaku pengusaha ultra mikro, yakni modal finansial, intelektual, dan sosial. Sementara itu, dikutip dari Kompas, Unilever menganggap Bu Karsa adalah perwujudan komitmen perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat bersama. Direktur PNM Arief Mulyadi mengatakan, seluruh nasabah PNM adalah perempuan prasejahtera yang berperan besar dalam mengurus keluarga sekaligus membantu ekonomi Indonesia.

Ibu-ibu ini yang paling berperan untuk mengatur hal-hal dasar di dalam keluarga mulai dari kebersihan, kesehatan, sampai nutrisi dari makanan.” ujar Arief (9/9). “Untuk itu, edukasi ini akan kita maksimalkan agar mudah diterapkan.

PNM juga berharap keberlanjutan program mengenai edukasi yang didapatkan para peserta bisa mereka terapkan di kehidupan sehari-hari. Hal ini tentunya disambut baik oleh Direktur dan Sekretaris Perusahaan Unilever Indonesia Nurdiana Darus. Nurdiana menjelaskan apa itu Bu Karsa secara mendalam. Program BU KARSA "Ibu Sehat, Keluarga Sejahtera" adalah sebuah program PNM dan Unilever dengan tujuan mulia dalam proses pemberdayaan wanita.

Bu Karsa merupakan salah satu program yang baik untuk meningkatkan kesejahteraan para wanita," tutur Nurdiana (9/9). "Peran perempuan, terutama ibu, sangat penting dalam meningkatkan kesadaran anggota keluarga untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Sekitar 600.000 peserta Bu Karsa yang hadir dipastikan mendapatkan edukasi yang sama. Materi yang diberikan dipastikan mudah dipahami, sehingga mereka bisa menerapkannya dengan mudah. Nantinya, materi ini juga akan disosialisasikan saat Pertemuan Kelompok Mingguan (PKM).

Program Bu Karsa merupakan salah satu wujud nyata komitmen Unilever Indonesia,” tegas Nurdiana (9/9). “Tentunya ini untuk mewujudkan peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Dikutip dari Republika, program Bu Karsa sudah menjangkau lebih dari satu juta perempuan sekaligus nasabah PNM pada 2021 hingga 2022. Diharapkan jumlah wanita yang dijangkau PNM dapat berkembang dan lebih banyak di tahun 2023.

Untuk saat ini, Bu Karsa dikemas dalam empat edukasi utama, yakni pencegahan penyakit menular, kebersihan (meliputi kebersihan diri, keluarga, dan lingkungan), pemilihan dan pengolahan sampah, serta isi piringku sesuai paduan resep Nutrimenu. Semua materi ini akan disampaikan oleh para ahli ternama, sehingga terbukti kebenarannya.

Selain itu program Bu Karsa menjadi wadah pemberdayaan perempuan secara komprehensif melalui edukasi pencegahan penularan dan vaksinasi COVID-19, panduan gizi seimbang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, pembuatan resep masakan bernutrisi, pemilahan sampah, serta higienitas rumah dan toilet.

Program ini juga bentuk perhatian PNM dalam tiga pilar pembangunan, yakni ekonomi, sosial, dan lingkungan,” tutur Arief (9/9). “Tiga pilar ini menjadi isu pembangunan global dalam membantu mencapai 17 indikator pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Untuk mendukung masyarakat dalam proses adaptasi kebiasaan sehat, Unilever juga membantu menyalurkan lebih dari 500 ribu produk hand sanitizer, 3.000 dus sabun cuci tangan, 16.000 pcs pasta gigi, dan buku panduan resep masakan. Ini semua dibagikan ke seluruh Nasabah PNM melalui teman-teman fasilitator di lapangan.

Sumber :

https://biz.kompas.com/read/2023/09/10/090406628/tingkatkan-kesehatan-perempuan-pnm-dan-unilever-indonesia-luncurkan-program-bu https://www.pnm.co.id/news/pnm-bersama-unilever-indonesia-luncurkan-program-bu-karsa-edukasi-phbs-untuk-nasabah-mekaar-lebih-berdaya https://megapolitan.antaranews.com/berita/165097/program-bu-karsa-unilever-pnm-edukasi-perempuan-prasejahtera https://ekonomi.republika.co.id/berita/s0o38t349/pnm-bersama-unilever-indonesia-luncurkan-program-bu-karsa

0 Komentar

Berikan pendapat anda kepada kami

You May Also Like